Perbedaan Mendasar Organisasi dan Ekstrakulikuler

Konten [Tampil]

Organisasi dan Esktrakulikuler Sekolah


Kita pasti sudah mengenal dan tidak asing lagi mengenai organisasi dan ekstrakulikuler pada saat masih sekolah. Dan mungkin kita juga berpikir bahwa organisasi dan ekstrakulikuler adalah hal yang sama diantara dua hal tersebut. Akan tetapi pada dasarnya baik organisasi maupun ekstrakulikuler memiliki perbedaan mendasar dan dapat ditinjau langsung. Dan penulis pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas sedikit banyaknya mengenai organisasi dan ekstrakulikuler.

Apa itu Organisasi?

Organisasi adalah suatu wadah perkumpulan manusia dalam mewujudkan keingingan atau tujuan bersama dengan wadah suatu perkumpulan. Organisasi cakupannya tidak hanya disekolah. dalam sendi-sendi kehidupan juga kita mengenal hal ini. Seperti dirumah masing-masing yang tentu secara formal atau tidaknya dalam suatu pasti sudah terkonsep sendiri mengenai tugas-tugasnya seperti orang tua yang mencari nafkah, anak yang belajar, dan lain sebagainya yang pada dasarnya suatu keluarga tersebut akan dengan sengaja untuk memperjuangkan nasib yang lebih baik dengan kepentingan bersama (keluarga).

Apa itu Esktrakulikuler?

Ekstrakulikuler adalah suatu perkumpulan pelajar dalam mewujudkan kepentingan bersama bahkan sampai kepentingan pribadi melalui pelatihan yang didasarkan pada suatu perkumpulan di sekolah.

Apa yang membedakan antara organisasi dan ekstrakulikuler?

Perbedaan mendasar antara organisasi dan ekstrakulikuler dapat dilihat dari sisi pengembangan diri (individu) didalamnya. Adapun organisasi lebih menekankan pengembangan sisi soft skill yang antara lain seperti : melatih keberanian diri dalam berbicara didepan umum, melatih individu untuk berkomunikasi dengan baik dengan sesama, belajar megenai administrasi, dan lain sebagainya.

Sedangkan ekstrakulikuler adalah perkumpulan pelajar yang mengedepankan pengembangan hard skill yang ada pada dirinya. Seperti halnya; ekstrakulikuler futsal yang mengedepankan pengembangan motorik siswa dalam permainan futsal, ekstrakulikuler debat yang mengedapankan pengembangan siswa pada sisi retorikanya, dan lain sebagainya.

Apa Urgensinya mengikuti organisasi dan ekstrakulikuler?

Dari pembahasan diatas, dapat kita garis bawahi bahwa pada dasarnya organisasi dan ekstrakulikuler memiliki manfaatnya tersendiri. seperti organisasi dengan soft skillnya dan ekstrakulikuler dengan hard skillnya. Dari poin-poin ini para pembaca setidaknya mengerti dan memahami perbedaan tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam memilih sesuai dengan bidang yang diminatinya.


Penulis : Perspektip
16 Juli 2023


Komentar

Postingan Populer