Karya Tulis Ilimiah

Konten [Tampil]

Karya Tulis Ilmiah


Karya tulis ilmiah merupakan jenis tulisan ilmiah yang ditujukan sebagai laporan penelitian dalam bentuk tulisan. Secara bentuk, karya tulis ilmiah dikenal dengan beberapa jenis. Antara lain; makalah, jurnal ilmiah, laporan hasil penelitian, skripsi, tesis, dan juga disertasi.


Pengertian Karya Tulis Ilmiah

Karya tulis ilmiah adalah karya tulis yang menggunakan kaidah ilmiah dalam penulisannya (fakta, faktual, objektif, dan rasional).

Adapun pengertian karya tulis ilmiah menurut para ahli adalah sebagai berikut :

  1. Dwiloka dan Riana
  2. Menurut Dwiloka dan Riana, karya tulis ilmiah atau artikel merupakan karya seorang ilmuan (dalam bentuk membangun) yang ingin mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang diperoleh melalui literatur, koleksi pengalaman, penlitian.

  3. Titi Setyoningsih, S.Pd. M.Pd
  4. Karya tuis ilmiah adlah sebua tulisan yang dibuat berdasarkan metode ilmiah, yaitu ; logika ilmu pengetahuan, dimulai dari adanya masalah, tujuan, manfaat, dan pentingnya hal tersebut untuk dibahas, memuat fakta, teori terdahulu, dan karya-karya terdahulu yang membawa hal tersebut, kemudian adanya metode, pembahasan, hingga kesimpulan, tentunya referensi yang disertakan.

  5. Eko Susilo, M.
  6. Karya tulis ilmiah adalah artikel yang diperoleh sesuai dengan sifat ilmiah dan didasarkan pada observasi, evaluasi, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan bahasa bersantun dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya/keilmiahannya.

Bentuk Karya Tulis Ilmiah

  1. Makalah
  2. Makalah adalah karya tulis ilmiah yang membahas tentang masalah berdasarkan data lapangan atau data kepustakaan. berisfat ringkas dan rincian hasil penelitian serta prosesnya disajikan tidak secara detail.

  3. Paper
  4. Paper bersifat lebih luas dari makalah sebagai karya tulis ilmiah. Hal ini, dikarenakan paper menyajikan data lapangan atau kepustakaan dengan jumlah yang dibutuhkan dalam kebutuhan proyek yang sedang dibahas.

  5. Skripsi
  6. Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa strata 1 (S!) sebagai tugas akhir sesuai dengan disiplin ilmu mahasiswa tersebut. Data yang digunakan dalam Skripsi sama seperti makalah dan paper. yaitu data lapangan atau data kepustakaan. Skripsi ditujukan untuk bukti penguasaan teori-teori dan pengaplikasian penilitian.

  7. Tesis
  8. Tesis adalah karya tulis ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa strata 2 (S2) sebagai tugas akhir. Tesis memiliki sifat yang sama seperti halnya Skripsi. Hanya saja Tesis memiliki isi yang lebih ditingkatkan dari Skripsi.

  9. Disertasi
  10. Disertasi adalah karya tulis ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa strata 3 (S3). Sifatnya sama seperti Skripsi dan Tesis. Namun, Disetasi diharuskan memiliki pembahasan yang mendalam dan memunculkan kebaruan.

Karakteristik Karya Tulis Ilmiah

  1. Bercermin Pada Teori
  2. Karya tulis ilmiah diwajibkan untuk memuat teori yang digunakan sebagai kerangka berpikir, kerangka pemikiran, landasan pembahasan masalah.

  3. Berdasarkan Fakta
  4. Karya tulis ilmiah diharuskan memuat fakta atau tidak dilebih-lebihkan bahkan memuat kebohongan.

  5. Logis
  6. Karya tulis ilmah dapat ditelusuri, diselidiki, dan dapat diusut alasan-alasannya, bersifat rasional atau dapat diterima dengan akal sehat

  7. Objektif
  8. Isi karya tulis ilmiah diharuskan bersifat faktual, tidak memihak atau bermaksud memecah situasi, meimbulkan kecemasan khlayak umum dengan penyudutan dan tidak memuat kebohongan.

  9. Sistematis
  10. Karya tulis ilmiah diharuskan terstruktur atau terorganisir dalam penulisan maupun pembahasannya

  11. Jelas
  12. Karya tulis ilmiah diharuskan jelas tidak bertele-tele atau menimbulkan kebingungan.

  13. Tuntas
  14. Isi atau pembahasan dalam karya tulis ilmiah harus tuntas. Dan diperlukan batasan batasan tertentu dalam pokok permasalahan agar pembahasan tidak bias/tidak jelas.

  15. Menggunakan Bahasa Baku
  16. Karya tulis ilmiah sebagai tulisan harus menggunakan bahasa yang baku dan berbahasa baik dan benar.

  17. Terformat Atau Menggunakan Standar Penulisan
  18. Karya tulis ilmiah mengacu pada standar-standar suatu lembaga atau standar umum yang telah berlaku.

Fungsi Karya Tulis Ilmiah

Secara mendasar, karya tulis ilmiah berfungsi sebagai sarana pengembangan dan pembendaharaan keilmuan dalam bentuk kajian.

Manfaat Karya Tulis Ilmiah

Dengan adanya suatu karya tulis ilmiah diarapkan memberikan sisi positif dalam hal ini manfaat dari suatu karya ilmiah sebagai berikut:

  1. Berguna sebagai pelatihan pengembangan keterampilan membaca yang efektif
  2. Melatih dalam penggabungan sumber bacaan dalam satu tulisan
  3. Memperkenalkan kegiatan kepustakaan
  4. Memperoleh kepuasan intelektual
  5. Membantu melatih pemilahan data yang valid dan memuat fakta

Kesimpulan

Karya tulis ilmiah merupakan jenis tulisan ilmiah yang ditujukan sebagai laporan penelitian dalam bentuk tulisan.

Secara bentuk, karya tulis ilmiah dikenal dengan beberapa jenis. Antara lain; makalah, jurnal ilmiah, laporan hasil penelitian, skripsi, tesis, dan juga disertasi.

Karakteristik karya tulis ilmiah adalah; memuat fakta, memuat teori, logis, objektif, tersistematis, jelas, tuntas, menggunakan bahasa baku, terformat.

Karya tulis ilmiah memiliki manfaat dalam melatih keterampilan membaca, melatih penggabungan sumber bacaan, mensosialisasikan kegiatan keperpustakaan, memperoleh kepuasan intelektual, dan melatih pemilihan data sesuai dengan karakteristik karya tulis ilmiah.


Penulis : Perspektip
29 Juni 2023


Komentar

Postingan Populer