Konflik Sosial

Konten [Tampil]
konflik-sosial-dan-faktor-penyebabnya

Konflik Sosial Dan Faktor Penyebabnya


Pengertian Konflik Sosial

Secara etimologis, konflik diartikan sebagai proses sosial antara dua orang atau lebih yang berusaha untuk menyingkirkan pihak lain dengan cara sampai tidak berdaya. Konflik terjadi ketika terdapat ketidaksamaan persepsi, pandangan, serta perspektif antara satu pihak dengan pihak yang lainnya.

Sebagai proses sosial, konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri yang dobawa individu yang terlibat dalam suatu interaksi. Selain itu, konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan yang sulit didamaikan atau ditemukan kesamaannya. Perbedaan tersebut dapat menyangkut ciri fisik, kepandaian, pengetahuan, adat istiadat, dan keyakinan. Konflik merupakan situasi wajar dalam setiap masyarakat. Bahkan, tidak ada saru masyarakat pun yang tidak pernah mengalami konflik. Konflik dalam cakupan kecil adalah keluarga, sedangkan dalam cakupan besar, misalnya konflik antar golongan atau antar kelompok.

Konflik sosial dapat diartikan menjadi dua hal, pertama, sudut pandang yang menganggap konflik selalu ada dan mewarnai segenap aspek interaksi manusia dan struktur sosial. Kedua, konflik sosial merupakan pertikaian terbuka seperti perang, revolusi, pemogokkan, dan gerakan perlawanan.

Faktor Pendorong Penyebab Konflik Sosial

Berikut adalah faktor-faktor pendorong penyebab konflik

Perbedaan Individu

Perbedaan Kebudayaan

Perbedaan Kepentingan

Perubahan Sosial

  1. Konflik sosial atau dalam peranan sosial, misal antara peranan-peranan dalam keluarga atau profesi.
  2. Konflik antar kelompok sosial.
  3. Konflik antar kelompok yang terorganisir dan tidak terorganisasi.
  4. Konflik antar satuan nasional, misal antara partai politik atau antar negara-negara.
  5. Konflik antar negara atau antara negara dengan organisasi internasional.
  1. Konflik Destruktif, yaitu konflik yang muncul karena perasaan tidak senang, rasa benci, dan dendam dari seorang atau kolompok terhadap pihak lain.
  2. Konflik Konstruktif, yaitu konflik yang muncul karena ada perbedaan pendapat dari kelompok dalam menghadapi suatu permasalahan, tapi konflik ini melahirkan suatu konsensus dari perbedaan tersebut dan menghasilkan suatu perbaikan.

Perspektip


Komentar

Postingan Populer